Tips vario 125 : pasang roller skywave menggantikan roller standard vario 125

Saat ini motor baru 820 km ,
Keadaan motor masih standard ,
awalnya karena penasaran dengan suara ngorok si v125 (dimotor saya , suara ngoroknya sedikit banget ), yang cuma terdengar kalau lagi ngegas dalam si v125 , ciri ciri tersebut sama kaya kalau kita narik mobil or motor dengan gigi tinggi (under power ) , analisa awalnya adalah : posisi puli cvt lambat turunnya …

karena belum pengalaman dengan motor matic , maka asumsi solusinya adalah bagaimana cara agar response puli cvt lebih cepat (sudah coba nyari di om google , sayangnya ngak ketemu ) …
maksudnya sih ingin seperti mobil matic , yang ketika kita “kickdown” , maka transmisi akan turun ke gigi yang lebih kasar , dengan tujuan torque nya tersedia sehingga tidak memberatkan engine , efek sampingnya kendaraan jadi berakselerasi dengan cepat….

kalau kita baca baca , tentang mekanisme cvt , secara dasar ada 2 komponen yang major effectnya yaitu roller dan per cvt (bukan berarti komponen lain tidak efek ya )

saat ini belum ada referensi tentang per cvt honda v125 ini ( padahal rencananya mau ganti per cvt yang lebih keras ) , dengan harapan , kalau per cvt lebih keras , posisi roller cvt bisa cepat turun (ini cuma harapan / tebakan , untuk para suhu , mohon di koreksi ya ) .

Per cvt , tidak bisa sembarangan , untuk menentukan kekerasan suatu per di butuhkan spring test , so ngak bisa tebak tebak , ini lebih keras or ini lebih lembut , nah ini yang menurut saya selama ini ngaco … masa per cvt dikasih label 1000 rpm , 1500 rpm … yang benar sih harusnya kg/f or newton

so karena ngak ada referensi , pilihan dipindahkan ke roller…
dari hasil google , diketahui kalau ukuran roller v125 kompatibel dengan roller spin/skywave/skydrive
so next step is to looking standard weight that rollers … baca baca baca dari internet … berat yang mendekati berat roller std v125 (18 Gram ) adalah rollernya skywave 125 or skydrive 125 (15 gram ) , kalau spin berat rollernya hanya 12 gram (thanks to suzutikus )

“quote
Sekedar berbagi informasi, berat roller standard Skywave jaman dulu itu 15 gram (Part Number: 21650-33G10), kalau untuk yg model keluaran baru sekarang-2 ini (Keluaran Tahun 2010), berat roller standard Skywave & Spin sama, yaitu 12 gram (Part Number: 21650-B33G50N000), kalau untuk Skydrive, berat roller standardnya 15 gram (Part Number: 21650-B33G80N000), semoga informasi tersebut berguna, terima kasih
“end quote”

kenapa cari tahu berat standard roller suzuki ? karena dari dulu , part suzuki terkenal akan durability nya akan tetapi harganya agak mahal …

setelah tahu apa yang mau di ganti , maka ketika sempat , I hunting roller skywave or skydrive dengan part no : 21650-B33G80N000 or 21650-33G10 )

kenapa nyari yang 15 gram ? karena menurut suhu-suhu di kymco forum , syarat maksimum berat yang boleh diganti untuk roller adalah naik 20% or turun 20% (untuk mesin standard ya )

karena berat roller std v125 adalah 18 gr , so kalau mau nambah berat , maksimum rollernya adalah 18 * 120% = 21.6 gr (nambah berat = tarikan/akselerasi tambah belet tetapi top speed meningkat )

kalau mau nambah ringan , maksimum berat rollernya : 18 * 80% = 14.4 gr
(nambah ringan= tarikan/akselerasi tambah dashyat tetapi top speed turun ! )

kembali dengan asumsi agar mesin ringan , sehingga tidak terjadi ngorok , maka saya putuskan untuk memperingan berat roller sampai 15 gram.

pilihan roller 15 gram untuk spin/skywawe/skydrive/v125 sebenarnya banyak merk , ada lhk , tdr , hokaido,kawahara dll , tapi I choosed a standard roller from suzuki

minta tolong montir bongkar cvt

ngak susah …

perbandingan roller vario125 (hitam) dengan skywave (putih )

setelah dibersihkan cvtnya (baru 820 km , debu hasil part yang kemakan , banyak bener )

roller dipasang , lalu dirakit kembali (beli grease cvt yamaha , karena as cvtnya kering )

hasilnya … :
Positifnya
1.tarikan motor saya , BEDA ! jadi enteng ! , cocok benar dengan keadaan traffic Jakarta ,
2.Suara ngorok BERKURANG BANYAK !!!

Negatifnya
1. Keluar biaya tambahan
roller 20 ribu * 6 = 120 Ribu
Grease CVT Yamaha = 15 Ribu
Ongkos Pasang = 20 Ribu
——————————
Total = 155 ribu

2. Suara cvt jadi kencang
3. Getaran jadi tambah

kesimpulannya : … DWYOR

tambahan :
roller std var125 , ternyata bahannya kurang bagus
baru jalan 820 km , sudah kemakan ngak rata

Roller yang belum kemakan

roller yang kemakan

kemakannya ada 0,5 mm

keliatan ?

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s